1.
|
Proses pembuatan pola busana kulit menggunakan alat
diantaranya yang bukan adalah…….. |
|
|||
|
A |
Uncek |
|
||
|
B |
Kertas Marga |
|
||
|
C |
Pensil warna warni |
|
||
|
D |
Penggaris |
|
||
|
E |
Penggaris Skala |
|
||
2.
|
Bahan yang dipakai dalam proses pembuatan pola produk busana kulit,
kecuali adalah….. |
|
|||
|
A |
Kertas doorslag |
|
||
|
B |
Kapur jahit |
|
||
|
C |
Karbon |
|
||
|
D |
Kertas karton |
|
||
|
E |
Uncek |
|
||
3.
|
Apa fungsi Garis Skala pada proses pembuatan pola Produk
Busana Kulit....... |
|
|||
|
A |
untuk mengetahui perbandingan ukuran |
|
||
|
B |
Untuk membuat skala |
|
||
|
C |
untuk membuat garis kecil |
|
||
|
D |
untuk memudahkan membuat Pola |
|
||
|
E |
Semua salah |
|
||
4.
|
Alat yang berfungsi untuk mengetahui ketebalan dan
ketipisan kulit adalah........ |
|
|||
|
A |
Mikro meter |
|
||
|
B |
Meteran |
|
||
|
C |
Penggaris |
|
||
|
D |
Minno meter |
|
||
|
E |
Meter mikro |
|
||
5.
|
Alat pemotongan kulit secara masinal juga disebut……………. |
|
|||
|
A |
Cutting Prees |
|
||
|
B |
CIttur Prees |
|
||
|
C |
Cutter Prees |
|
||
|
D |
Hotin Prees |
|
||
|
E |
Prees |
|
||
6.
|
Diukur dari ketiak ke ketiak + 4 jari untuk putri dan 10
cm untuk putra adalah cara menggukur….. |
|
|||
|
A |
Lingkar lengan |
|
||
|
B |
Lingkar dada |
|
||
|
C |
Lingkar leher |
|
||
|
D |
Lingkar bahu |
|
||
|
E |
Lingkar perut |
|
||
7.
|
Dalam proses pembuatan produk busana kulit pengukuran
anggota tubuh sangantlah peting demi kenyamanan pemakai. Untuk Pengukuran
lingkar leher adalah dengan cara…… |
|
|||
|
A |
Diukur melingkar ditambah 2 jari |
|
||
|
B |
Diukur melingkar ditambah 2,5 jari |
|
||
|
C |
Diukur melingkar ditambah 0, 2
jari |
|
||
|
D |
Diukur melingkar ditambah 3 jari |
|
||
|
E |
Diukur melingkar ditambah 1,5 jari |
|
||
8.
|
Agar lembaran bahan kulit tidak bergeser dari
kedudukannya, maka dalam proses pemotongan memerlukan alat berupa….. |
|
|||
|
A |
Besi penindih |
|
||
|
B |
Palu besi |
|
||
|
C |
uncek/penanda |
|
||
|
D |
jangka besi |
|
||
|
E |
mistar ukur |
|
||
9.
|
Dalam melakukan proses pemotongan kulit produk busana
sebaiknya menggunakan alat berupa…. |
|
|||
|
A |
Gunting |
|
||
|
B |
Cutter |
|
||
|
C |
Penggaris |
|
||
|
D |
Uncek |
|
||
|
E |
Gunting seng |
|
||
10.
|
Bahan utama dalam pembuatan pola produk Busana Kulit adalah …. |
|
|||
|
A |
kertas Doorslag |
|
||
|
B |
kertas karton |
|
||
|
C |
kertas manila |
|
||
|
D |
kertas minyak |
|
||
|
E |
kertas marga |
|
||
11.
|
Dalam pembuatan produk Busana Kulit kita bisa memakai Vinyl dan juga
leather. Pada bahan sintetis (vinyl, orscar) arah kemulurannya… |
|
|||
|
A |
Ke
arah lebar |
|
||
|
B |
Ke
arah panjang |
|
||
|
C |
Ke arah diagonal |
|
||
|
D |
Tidak ada kemulurannya |
|
||
|
E |
Semua jawaban benar |
|
||
12.
|
Produk
kria kulit non-alas kaki dan non-busana banyak sekali macamnya. Di bawah ini
yang tidak termasuk diantaranya adalah…. |
|
|||
|
A |
tas kulit |
|
||
|
B |
dompet kulit |
|
||
|
C |
ikat pinggang kulit |
|
||
|
D |
tempat majalah kulit |
|
||
|
E |
jaket
kulit |
|
||
13.
|
Bahan utama dalam pembuatan pola
produk kulit non-alas kaki dan non-busana adalah …. |
|
|||
|
A |
kertas kalkir |
|
||
|
B |
kertas karton |
|
||
|
C |
kertas manila |
|
||
|
D |
kertas minyak |
|
||
|
E |
kertas marga |
|
||
14.
|
Jenis pola yang digunakan untuk membantu dalam proses
perakitan produk kriya kulit non alas kaki non busana disebut……. |
|
|||
|
A |
pola kerja |
|
||
|
B |
pola master |
|
||
|
C |
pola potong |
|
||
|
D |
pola pas |
|
||
|
E |
pola kulit |
|
||
15.
|
Jenis pola yang digunakan untuk diarsipkan atau disimpan dalam amplop. Istilah pola produk kria kulit non-alas kaki dan non-busana disebut... |
|
|||
|
A |
pola kulit |
|
||
|
B |
pola potong |
|
||
|
C |
pola master |
|
||
|
D |
pola pelapis |
|
||
|
E |
pola kerja |
|
||
16.
|
Pernyataan yang manakah dari tabel di atas yang merupakan ciri-ciri dari jenis pola kerja ? |
|
|||
|
A |
1.a. dan 1.c. |
|
||
|
B |
1.b. dan 2.b. |
|
||
|
C |
1.c. dan 2.b. |
|
||
|
D |
1.a. dan 2.c. |
|
||
|
E |
2.b. saja |
|
||
17.
|
Ada berapa metode pemotongan dalam pemotongan produk kulit ...? |
|
|||
|
A |
1 metode |
|
||
|
B |
2 metode |
|
||
|
C |
3 metode |
|
||
|
D |
4 metode |
|
||
|
E |
5 metode |
|
||
18.
|
Memanfaatkan luas kulit
keseluruhan yang ada untuk memperoleh keuntungan maksimum, sedangkan kualitas
menjadi tujuan sekunder adalah pengertian dari metode |
|
|||
|
A |
exsautive |
|
||
|
B |
Selektif |
|
||
|
C |
Inovatif |
|
||
|
D |
Asosiatif |
|
||
|
E |
Imansipatif |
|
||
19.
|
Bahan yang digunakan dalam pembuatan produk busana kulit kecuali………. |
|
|||
|
A |
Pengeras |
|
||
|
B |
Pundaan |
|
||
|
C |
Resleting |
|
||
|
D |
Faceline |
|
||
|
E |
Kepala resleting |
|
||
20.
|
Dalam lembaran kulit terdapat arah kemuluran dan arah ketegangan. Dari
masing-masing organ tubuh binatang waktu masih hidup mempunyai kemuluran dan
ketegangan yang berbeda-beda. Arah kemuluran kulit tersebut adalah pada
bagian…. |
|
|||
|
A |
Dari leher ke ekor |
|
||
|
B |
Dari perut ke perut |
|
||
|
C |
Dari punggung ke ekor |
|
||
|
D |
Dari kaki kiri depan ke kaki kiri belakang |
|
||
|
E |
Dari kaki kanan depan ke kaki kanan belakang |
|
||
21.
|
Dalam lembaran kulit terdapat arah ketegangan dan arah kemuluran. Dari
masing-masing organ tubuh binatang waktu masih hidup mempunyai ketegangan dan
kemuluran yang berbeda-beda. Arah ketegangan kulit tersebut adalah pada
bagian…. |
|
|||
|
A |
Dari leher ke ekor |
|
||
|
B |
Dari perut ke perut |
|
||
|
C |
Dari punggung ke perut |
|
||
|
D |
Dari kaki kiri depan ke kaki kanan depan |
|
||
|
E |
Dari kaki kiri belakang ke kaki kanan belakang |
|
||
22.
|
Jaket kulit dibuat menggunakan kulit binatang sebagai
bahan dasar melalui beberapa tahap dan proses yang membutuhkan keahlian, ketelitian
dan tentunya kesabaran karena proses pembuatannya cukup menyita waktu yang
tidak sebentar Kulit binatang apa yang cocok untuk pembuatan jaket kulit……
|
|
|||
|
A |
Kerbau |
|
||
|
B |
Babi |
|
||
|
C |
Sapi |
|
||
|
D |
Domba |
|
||
|
E |
buaya |
|
||
23.
|
Sebelum menjadi leather(kulit jadi) ada proses yang
namannya Driying, Apakah pengertian driying…………….. |
|
|||
|
A |
Pengeringan |
|
||
|
B |
Pendinginan |
|
||
|
C |
Penganginan |
|
||
|
D |
Pemanasan |
|
||
|
E |
Semua benar |
|
||
24.
|
Mesin jahit kulit seperti pada gambar di bawah ini
disebut mesin jahit .... |
|
|||
|
A |
cilinder
arm |
|
||
|
B |
post
bed |
|
||
|
C |
flat
bed |
|
||
|
D |
wolking
food |
|
||
|
E |
zig-zag |
|
||
25.
|
Peralatan potong kulit secara masinal seperti
pada gambar di bawah ini disebut …. |
|
|||
|
A |
cutting
press |
|
||
|
B |
hot
press |
|
||
|
C |
stamping
press |
|
||
|
D |
press
foot |
|
||
|
E |
assembling
press |
|
||
26.
|
Gambar yang ditunjukkan dengan anak panah
pada gambar bentangan kulit di bawah ini adalah menunjukkan arah ....
|
|
|||
|
A |
pemotongan |
|
||
|
B |
pelipatan |
|
||
|
C |
keregangan |
|
||
|
D |
kemuluran |
|
||
|
E |
ketegangan |
|
||
27.
|
Model sepatu yang bagian kudungan atas (upper)nya
memakai tali, bagian quarter menumpang pada bagian Vam, seperti terlihat pada
gambar diatas disebut... |
|
|||
|
A |
Fantofel |
|
||
|
B |
Derby |
|
||
|
C |
Barmoral |
|
||
|
D |
Muliere |
|
||
|
E |
Moccasine |
|
||
28.
|
Model sepatu
yang bagian kudungan atas (upper)nya tidak memakai tali, bagian vamp
menumpang pada bagian quarter dan pada bagian depannya diberi aksesories
Saddle, seperti terlihat pada gambar diatas disebut..... |
|
|||
|
A |
Oxfort |
|
||
|
B |
Monk |
|
||
|
C |
Moccasine |
|
||
|
D |
Fantofel |
|
||
|
E |
Muliere |
|
||
29.
|
Model sepatu yang bagian kudungan atas (upper)nya
memakai tali, bagian Vamp menumpang pada bagian quarter, seperti terlihat
pada gambar diatas disebut.... |
|
|||
|
A |
Oxfort |
|
||
|
B |
Monk |
|
||
|
C |
Moccasine |
|
||
|
D |
Fantofel |
|
||
|
E |
Muliere |
|
||
30.
|
Sepatu pria, sepatu wanita,
sepatu anak-anak dan sepatu dewasa adalah termasuk… |
|
|||
|
A |
jenis-jenis sepatu |
|
||
|
B |
macam-macam sepatu |
|
||
|
C |
model-model
sepatu |
|
||
|
D |
bentuk-bentuk
sepatu |
|
||
|
E |
corak-corak
sepatu |
|
||
31.
|
Alat untuk menggoreskan warna isian (isen-isen ; jawa) pada warna sunggingan/gradasi
warna dalam proses pewarnaan produk kulit perkamen menggunakan alat….
|
|
|||
|
A |
Palet |
|
||
|
B |
Kwas |
|
||
|
C |
Trex pen atau
stall pen |
|
||
|
D |
Penampung warna |
|
||
|
E |
Penumbuk cat |
|
||
32.
|
Dalam proses pewarnaan produk kulit perkamen larutan lem kayu lem putih dijadikan sebagai pencampur warna sunggingan (gradasi /warna). Hal tersebut mempunyai tujuan….
|
|
|||
|
A |
Agar bahan pewarna lebih efisien |
|
||
|
B |
Agar bahan pewarna lebih cerah |
|
||
|
C |
Agar bahan
pewarna lebih awet |
|
||
|
D |
Agar bahan pewarna lebih
merekat |
|
||
|
E |
Agar bahan pewarna tahan lembab |
|
||
33.
|
Definisi dari
tentang gradasi warna adalah…… |
|
|||
|
A |
Tingkatan warna dari tua ke warna muda atau sebaliknya
secara merata dan konsisten |
|
||
|
B |
Tingkatan warna
dari tua ke warna muda atau sebaliknya secara kontinyu dan konsisten |
|
||
|
C |
Komposisi warna
dari tua ke warna muda atau sebaliknya secara merata dan konsisten |
|
||
|
D |
komposisi warna dari tua ke warna muda atau sebaliknya
secara kontinyu dan konsisten |
|
||
|
E |
kombinasi warna dari tua ke warna muda atau sebaliknya
secara kontinyu dan konsisten |
|
||
34.
|
Hasil dari pencampuran antara satu warna
primer dengan satu warna primer lainnya akan menghasilkan....... |
|
|||
|
A |
Warna tertier |
|
||
|
B |
Warna sekunder |
|
||
|
C |
Warna quarter |
|
||
|
D |
Warna primer |
|
||
|
E |
Warna netral |
|
||
35.
|
Hasil dari pencampuran antara satu warna
primer dengan satu warna sekunder akan menghasilkan |
|
|||
|
A |
Warna tertier |
|
||
|
B |
Warna sekunder |
|
||
|
C |
Warna quarter |
|
||
|
D |
Warna primer |
|
||
|
E |
Warna netral |
|
||
36.
|
Produk kulit dengan teknik tatah sungging terdiri dari beberapa di antaranya sebagai media pertunjukan. Di bawah ini yang termasuk dalam produk teknik tatah sungging sebagai media pertunjukan |
|
|||
|
A |
Kap lampu |
|
||
|
B |
Hiasan dinding |
|
||
|
C |
Wayang |
|
||
|
D |
Kipas tunggal |
|
||
|
E |
sketsel |
|
||
37.
|
Produk kulit dengan teknik tatah sungging terdiri dari beberapa jenis, di antaranya sebagai pendukung interior. Di bawah ini yang termasuk dalam produk teknik tatah sungging sebagai pendukung interior pembatas ruang adalah…. |
|
|||
|
A |
Sketsel |
|
||
|
B |
Kap lampu |
|
||
|
C |
Hiasan dinding |
|
||
|
D |
Wayang |
|
||
|
E |
Kipas tunggal |
|
||
38.
|
|
|
|||
|
A |
Sketsel |
|
||
|
B |
Kap lampu |
|
||
|
C |
lampu dinding |
|
||
|
D |
Wayang |
|
||
|
E |
Kipas tunggal |
|
||
39.
|
Jenis mesin jahit yang sesuai digunakan
untuk menjahit produk kulit bervolume
(tas, topi, sepatu) seperti gambar di samping disebut mesin jahit …. |
|
|||
|
A |
Cylinder Arm
Sewing Machine |
|
||
|
B |
Flat Bed Sewing
Machine |
|
||
|
C |
Zig zag Sewing
Maching |
|
||
|
D |
Post Bed Sewing
Machine |
|
||
|
E |
Outsole Sewing Machine |
|
||
40.
|
Manakah dari gambar berikut yang
menunjukkan jenis jaket apa .... |
|
|||
|
A |
Sport jaket |
|
||
|
B |
Fatigue jaket |
|
||
|
C |
Motor Ricer Jaket |
|
||
|
D |
Bomber Jaket |
|
||
|
E |
Cattelman Jaket |
|
CONTOH SOAL KRIYA KULIT DAN IMITASI
SOAL KRIYA KULIT DAN IMITASI
0 komentar:
Posting Komentar